Bagaikan tali...

Menurut Rasulullah saw (dalam hadis riwayat Al-Bazar dan Ath-thabrani), Al-Qurãn itu ibarat tali, yang satu ujungnya di tangan kita dan ujung lainnya di 'tangan' Allah. Dengan kata lain, Al-Qurãn adalah alat komunikasi kita dengan Allah. Bahkan saya sering mengatakan bahwa Al-Qurãn adalah satu-satunya wakil Allah di bumi.

عن جبير ابن مطعم رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم
أبشروا فإنّ هذا القرآن طرفه بيدالله وطرفه بيدكم فتمسّكوابه فإنكم لم
تهلكوا ولا تضلّوا بعد أبدا (البزر والطبرنى)


Saturday, January 16, 2010

Istilah-istilah Penting Dalam Ilmu

Saya mengajukan tulisan ini bukan untuk menggurui siapa pun. Lagipula, saya percaya kebanyakan dari anda sudah tahu pengertian istilah-istilah dalam tulisan di bawah ini.
Saya mengajukannya, pertama, hanya sebagai usaha untuk menjembatani perbedaan pandangan kita, karena kita - mungkin - bergerak dari titik keberangkatan yang berbeda. Kedua, untuk menegaskan kembali bahwa saya memandang Al-Quran sebagai sebuah ilmu.

Epistemologi: teori (tentang) ilmu
Epistemology (Ind.: epistemologi), dibentuk dari bahasa Yunani, episteme yang berarti pengetahuan atau ilmu, dan logy (dari logos), yang juga berarti ilmu atau teori. Jadi, epistemology berarti “teori (tentang) pengetahuan/ilmu”. Dalam bahasa Inggris disebut the theory of knowledge.
Epistemologi adalah istilah filsafat, dan filsafat dalam peradaban Barat dianggap sebagai induk atau ‘batang pohon’ ilmu. Epistemologi adalah salah satu anak atau cabang filsafat (branch of philosophy).
Epistemologi atau “teori ilmu” dikatakan sebagai cabang filsafat yang membahas sifat (nature) dan ruang lingkup (scope) atau batasan-batasan (limitations) pengetahuan. Ia menjawab pertanyaan-pertanyaan:

- Apa itu pengetahuan (what is knowledge)?
- Bagaimana pengetahuan didapat (how knowledge acquired)?
- Apa sebenarnya yang diketahui manusia (what do people know)?
- Bagaimana kita mengetahui yang kita ketahui (how we know what we know)?

Banyak perdebatan dalam epistemologi berpusat pada analisis (uraian, pembahasan) tentang pengetahuan dan hubungannya dengan gagasan-gagasan yang sama seperti kebenaran (truth), kepercayaan (belief) dan pembenaran atau pengakuan tentang kebenaran seuatu (justification).
Selain itu, epistemologi juga membahas cara menghasilkan pengetahuan, dan keraguan tentang klaim-klaim (pengakuan) tentang pengetahuan yang berbeda.
Istilah ini diperkenalkan ke masyarakat berbahasa Inggris oleh filsuf Skotlandia, James Frederick Ferrier (1808-1864).

Metodologi
Methodology bisa berarti:
1. Uraian dasar-dasar dari metode-metode, peraturan-peraturan, dan dalil-dalil yang digunakan dalam sebuah disiplin (discipline) atau cabang ilmu tertentu.
2. Kajian sistematik atas metode-metode yang diterapkan, bisa diterapkan, atau sudah diterapkan dalam sebuah disiplin (cabang ilmu).
3. Sebuah prosedur khusus atau tatanan prosedur-prosedur.

Metode ilmu
Metode ilmu (scientific method) adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan ilmu (a series of steps taken to acquire knowledge).

Posedur

Prosedur adalah rangkaian kerja atau tindakan-tindakan tertentu yang harus dilakukan dengan cara yang sama supaya bisa selalu mendapatkan hasil yang sama dalam keadaan yang sama. Dalam perkataan lain yang tidak bisa disebut jitu, prosedur bisa mengisyaratkan sebuah runtunan (sequence) dari kegiatan-kegiatan (activities), tugas-tugas (tasks), langkah-langkah (steps), keputusan-keputusan (decisions), perhitungan-perhitungan (calculations) dan tahapan-tahapan (processes), yang bila dilaksanakan dalam runtunan yang ditunjukkan dapat membuahkan hasil, produk (barang), atau dampak seperti yang sudah digambarkan.
Sebuah prosedur biasanya mempengaruhi perubahan-perubahan. Itulah yang berlaku dalam metode keilmuan.
Dalam kalimat singkat, prosedur adalah cara tertentu untuk melaksanakan sebuah tugas (a particular method for performing a task).

Demikian terbaca dalam ensiklopedia online Wikipedia.

1 comment:

  1. doakan saya isa seperti ibu, ya. berani, mau dan mampu berusaha belajar dan hidup seperti maunya Allah dengan ajaran menurut sunnah RasulNya.

    ReplyDelete

Followers