Bagaikan tali...

Menurut Rasulullah saw (dalam hadis riwayat Al-Bazar dan Ath-thabrani), Al-Qurãn itu ibarat tali, yang satu ujungnya di tangan kita dan ujung lainnya di 'tangan' Allah. Dengan kata lain, Al-Qurãn adalah alat komunikasi kita dengan Allah. Bahkan saya sering mengatakan bahwa Al-Qurãn adalah satu-satunya wakil Allah di bumi.

عن جبير ابن مطعم رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم
أبشروا فإنّ هذا القرآن طرفه بيدالله وطرفه بيدكم فتمسّكوابه فإنكم لم
تهلكوا ولا تضلّوا بعد أبدا (البزر والطبرنى)


Thursday, December 3, 2009

Dua Sisi Ilmu


Ilmu dan resep masakan

Setiap ilmu yang benar, pasti mempunyai dua sisi (aspek), yaitu sisi teoritis (qauliyah) dan sisi praktis (fi’liyah), yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan.

Sisi teoritisnya terbagi menjadi dua, yaitu: (1) metode, dan (2) sistematika.

Yang pertama, metode, mencakup hal-ihwal prosedur atau cara pencapaian atau perumusan suatu ilmu (scientific approach).

Yang kedua, sistematika, berkaitan dengan teknik penyampaian, atau cara penyusunan suatu ilmu, sehingga menjadi suatu rangkaian keterangan yang dapat dipahami. Lebih baik lagi bila rangkaian keterangan itu dapat dipahami dengan mudah.

Sisi praktisnya juga terbagi menjadi dua, yaitu: (1) analitika, dan (2) obyektivita.

Analitika berkaitan dengan pendataan atau pengumpulan data (bukti) dari segala yang disebutkan dalam suatu teori.

Obyektivita berhubungan dengan pencocokan antara teori dan data, sehingga bila teorinya menyebut suatu bangunan, misalnya, maka pembangunan ulang (rekonstruksi) pun bisa dilakukan.

Gambaran sederhana dari dua sisi ilmu itu bisa didapat dengan mengambil resep masakan sebagai perumpamaan (analogi). Dalam hal ini, metode mencakup nama masakan dan cara memasaknya. Sedangkan uraiannya dari A sampai Z, itulah sistematika. Ketika sang juru masak pergi ke pasar untuk mencari segala bahan dan alat yang dibutuhkan untuk mencoba sebuah resep, berarti ia melakukan analitika. Setelah itu, ketika ia mempraktikkan resep itu di dapur, berarti ia sedang melakukan obyektivita. Bila si juru masak bekerja dengan cermat, dan hasilnya ternyata bagus, berarti resep itu memang sebuah resep yang benar (obyektif). Tapi, bila sudah diterapkan dengan teliti tapi hasilnya buruk, tidak sesuai dengan yang dijanjikan, berarti resep tersebut tidak benar.

Sebaliknya, sebuah resep yang benar, bila tidak diterapkan secara berdisiplin, hasilnya juga pasti tidak sesuai dengan yang digambarkan.

No comments:

Post a Comment

Followers