Bagaikan tali...

Menurut Rasulullah saw (dalam hadis riwayat Al-Bazar dan Ath-thabrani), Al-Qurãn itu ibarat tali, yang satu ujungnya di tangan kita dan ujung lainnya di 'tangan' Allah. Dengan kata lain, Al-Qurãn adalah alat komunikasi kita dengan Allah. Bahkan saya sering mengatakan bahwa Al-Qurãn adalah satu-satunya wakil Allah di bumi.

عن جبير ابن مطعم رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم
أبشروا فإنّ هذا القرآن طرفه بيدالله وطرفه بيدكم فتمسّكوابه فإنكم لم
تهلكوا ولا تضلّوا بعد أبدا (البزر والطبرنى)


Tuesday, December 1, 2009

Saya Mulai Dengan Bismillãh!


Bismillãhir-rahmãnir-rahîm!

Ya, saya harus memulai penulisan blog ini dengan "bismillãh". Sebab, potongan kalimat itulah yang tertulis (dan tentu harus dibaca!) di awal setiap surat dalam Al-Qurãn, kecuali surat At-Taubah, yaitu surat ke-9. Mengapa? Saya belum akan membahasnya sekarang.

Selain itu, ada sebuah hadis yang mengajarkan agar segala perbuatan baik dimulai dengan membaca bismillãh. Dan ini tentu bukan berarti bahwa kita boleh melakukan perbuatan yang tidak baik asal tidak baca bismillãh!

Di samping kedua hal tersebut, guru saya mengatakan bahwa inti dari Al-Qurãn adalah bismillãhir-rahmãnir-rahîm dan inti dari bismillãhir-rahmãnir-rahîm adalah ismullãh(i).

Tapi, kata guru saya pula, bismillãhir-rahmãnir-rahîm bukan berarti "dengan nama Allah yang mahapengasih dan mahapenyayang", karena ismullãh juga bukan berarti "nama Allah".

Lho, lalu apa dong?

Melalui blog ini, saya ingin berbagi dengan anda tentang pengalaman saya belajar Al-Qurãn - dan hasil-hasil belajar itu! - yang sampai kini masih berlangsung. Artinya, proses belajar saja belum berakhir (final). Dan karena itu, hasil-hasil belajar yang saya hidangkan di blog ini pun tentu belum merupakan hasil akhir.

Pokoknya, mari belajar Al-Qurãn, dan mari berbagi hasil.

Berbagi hasil yang tak akan membuat kita mengalami kehilangan.

2 comments:

  1. Asslamu alaikum.....
    Punten maaf.....posisi anda skrng dmn....
    Saya pengen belajar AQMSR

    ReplyDelete
  2. Asslamu alaikum.....
    Punten maaf.....posisi anda skrng dmn....
    Saya pengen belajar AQMSR

    ReplyDelete

Followers